FIKRI HEADLINE

Sabtu, 22 Juli 2017

Resume Kajian Kemuslimahan “The Great Muslimah” TERAS 2017


Pemateri : Hidayatur Rahmi
Seorang Pemain “Cinta Subuh”, Finalist Hijup Model Look 2013, Top 10 World Muslimah 2013

Hijrah = hajara = pindah
“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak” [An-Nisaa/4 : 100]
Hijrah itu menjadi lebih baik, bukan merasa paling baik, Hijrah penih dengan ujian dan pengorbanan untuk menggapai ridho Allah.
Tips Menjadi Muslim yang Lebih Baik
1. Niat
“Sesungguhnya segala perbuatan tergantung niatnya,...”
(HR. Bukhari dan Muslim)
Percaya dalam Hati, ucapkan dengan Lisan dan Buktikan dengan Perbuatan à Hilang niat, hilang amalan
2.  Paham Islam, Islam adalah Agama yang sempurna
 “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
3. Mempelajari bagian-bagian penting dalam islam.
· Aqidah
Aqidah adalah iman, keyakinan yang menjadi pegangan hidup setiap pemeluk agama islam. Aqidah selalu ditautkan dengan rukun iman yang merupakan asas seluruh ajaran islam.
Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 84-85 :
Artinya: Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, 'Isa dan para nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri".
· Ibadah
Ibadah atau syari’ah merupakan salah satu poin penting dalam islam. Karena ibadah adalah tujuan diciptakan manusia. Allah berfirman dalam surat Adz Dzariyat ayat 56:
Artinya:“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan Manusia melaikan untuk beribadah kepadaku”.
· Akhlak
Rasulullah adalah manusia yang paling mulia akhlaknya. Beliau sangat terkenal dengan gelar pertamanya yang diberikan masyarakat yaitu Al Amiin yang berarti orang yang dapat dipercaya. Dan salah satu tujuan Rasulullah diutus adalah agar menyempurnakan akhlak.
Allah berfirman dalam surat Al Qalam ayat 4:
Artinya: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”

4. Mempelajari kisah-kisah sosok wanita-wanita beriman
Seperti Khadijah, yang selalu menjaga wudhu, Istri terbaik yang rasulullah punya, Seperti Asiyah, istri Fir’aun yang kesabarannya sangat besar.
5. Bermanfaat bagi orang lain
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’no:3289).
Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)
SETELAH HIJRAH HARUS ADA ISTIQOMAH, (QS. FUSHSHILAT:30)
Karena
— Iman itu naik turun
— Hati itu bolak balik
— Syaithan (pengganggu) ada dimana-mana

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LDK FIKRI PNJ | Distributed By Blogger Template | Designed By OddThemes