FIKRI HEADLINE

Selasa, 06 November 2018

LIVE REPORT | KAISAR


[LIVE REPORT | KAISAR]

Tema         : "My Test, My Adventure"
Waktu       : Rabu, 24 Oktober 2018
Pembicara : Ustadz Nur Fajri Romadhon.Lc


➤➤➤➤➤➤➤➤

Ketika kita membicarakan tentang ujian, ternyata masalah ujian itu sudah ada sejak zaman Nabi. Esensi dari ujian adalah untuk menguji apakah kita telah memahami apa yang telah kita pelajari. Zaman dahulu itu ujiannya mendadak kalau dikampus biasa disebut dengan "kuis", kuis setiap hari untuk mengulang materi-materi sebelumnya, kalau tidak bisa maka tidak akan lanjut ke materi berikutnya.

Ujian adalah ibadah, ujian adalah hal yang baik. Jangan merasa terbebani, niatkan semuanya karena Allah Lillahi Ta'ala. Lalu ketika ujian pasti sudah tidak asing dengan kata mencontek, sebenarnya apa si hukum mencontek ? Hukum mencontek adalah haram. Dan ketika sudah dilakukan terlalu sering maka bisa menyebabkan matinya hati nurani seseorang.

"Barang siapa yang curang, maka dia bukan golongan Rasulullah SAW."

Kecuali ada kesepakatan dengan dosen yang bersangkutan jika ujiannya open book atau boleh bawa kalkulator itu hukumnya halal. Nilai bagus itu "harus!" Karena bisa membuat orang tua senang, dan Nilai jelek itu ga baik karena membuat orang tua kecewa.

Kesalahan yang sering diabaikan:
1.) Menggampangkan urusan taubat
2.) Menyalahgunakan Rahmat/ampunan Allah SWT

"Bagaimana kalau dapat bocoran tidak di sengaja ?"
Meskipun dihafalkan kita tetap dinamakan curang, kalau tidak sengaja dan kita tidak berusaha mencari tahu itu tidak apa-apa. Jadi balik lagi semua itu tergantung niat seseorang.

Setelah kita berikhtiar lalu tugas kita bertawakal kepada Allah dengan hati yang sebenar-benarnya.
Setelah ujian itu ada dua kemungkinan yaitu mendapatkan hasil yang memuaskan atau hasil yang tidak memuaskan. Disini harus ada unsur Allah dulu, Allah lagi, Allah terus. Ketika mendapatkan hasil yang memuaskan kita harus bersyukur dan ketika mendapatkan hasil yang tidak memuaskan maka kita tetap harus bersyukur dan introspeksi berarti usaha kita kurang maksimal. Ketika nilai jelek jangan menyalahkan dosen, malah kita harus semakin semangat, karena semua mata kuliah itu penting.

Kita sebagai seorang muslim dianjurkan istighfar minimal 70x setiap hari
Lalu Rukun taubat ada tiga, yaitu :
1.) Stop
2.) Menyesal
3.) Bertekad untuk tidak mengulangi

Ketika dia sudah bertaubat namun masih mengulangi kesalahannya maka dia belum benar-benar taubat. Menunda taubat itu menambah dosa baru, karena kita semua tidak ada yang tahu umur kita sampai kapan.





Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LDK FIKRI PNJ | Distributed By Blogger Template | Designed By OddThemes