FIKRI HEADLINE

Minggu, 15 Desember 2019

[RESUME || KAISAR]


PERANG YARMUK
(Pemilik Jiwa-Jiwa Langit)


Pembicara   : Ust M. Fazlurrahman, MA.
Waktu          : Rabu, 11 Desember 2019
Tempat        : Masjid Darul Ilmi Politeknik Negeri Jakarta





Pada dasarnya, bicara tentang sejarah berarti bicara tentang peradaban. Hikmahnya, bagaimana kita bisa belajar dan mencari solusi untuk masa depan. Ada satu sejarah tentang perang besar dalam Islam yang bisa kita ambil hikmahnya, yaitu Perang Yarmuk.

Perang Yarmuk adalah peperangan antar dua agama. Setelah Rasulullah meninggal, yakni pada masa Abu Bakar, Islam semakin kuat. Pada saat itu, Abu Bakar ingin melanjutkan pesan Rasulullah untuk menaklukan negeri Syam. Pasukan Romawi bergerak di bawah komando Theodor, sedangkan kaum muslimin bergerak di bawah komando Khalid bin Walid.

Pasukan Romawi dengan peralatan perang yang lengkap memiliki jumlah tentara yang sangat banyak, yaitu 240.000 pasukan. Tidak hanya itu, pasukan Romawi juga memiliki pengalaman perang yang mumpuni serta  persediaan logistik yang lebih dari cukup. Dan kaum muslimin hanya memiliki sekitar 1/5 dari jumlah pasukan mereka. Namun, dengan keyakinan akan janji Allah bahwa Allah akan membantu dan memenangkan kaum muslimin atas orang-orang musyrik, kaum muslimin tidak gentar.
Pada akhirnya, atas izin Allah SWT., Romawi runtuh di tangan kaum muslimin. Hal tersebut membuktikan bahwa Rasulullah berhasil membuat umatnya mengalahkan pasukan besar dengan imannya bukan dengan kekuatan peradabannya.

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 LDK FIKRI PNJ | Distributed By Blogger Template | Designed By OddThemes